A.
Pengertian
Laporan Keuangan
Laporan keuangan
adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, baik di dalam
maupun di luar perusahaan, mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan.
Laporan keuangan sering disebut juga sebagai suatu daftar yang memberikan
informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap dunia usaha,
sehingga mereka dapat mengambil keputusan ekonomi secara tepat. Untuk itu semua
unit usaha diharapkan pada akhir periode menyusun laporan keuangan. Dengan
demikian akan diketahui perkembangan perubahan apakah mengalami kemajuan,
memperoleh laba atau sebaliknya.
B.
Karakteristik
Kualitatif laporan Keuangan
1. Dapat
dipahami
Kemudahan untuk segera
dipahami oleh pemakai.
2. Relevan
Relevan untuk memnuhi
kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan. Informasi memiliki
kualitas relevan kalau dapat mempengaruhi keputusan ekonomis pemakai dengan
membantu mereka mengevaluasi peristiwa penting masa lalu, masa kini atau masa
depan dan menegaskan atau mengkoreksi hasil evaluasi mereka masa lalu.
3. Andal
Bebas dari pengertian
yang menyesatkan, kesalahan material (cukup berarti), dan dapat diandalkan
pemakainnya sebagai penyajian yang tulus atau jujur atas data yang seharusnya
disajikan atau secara wajar.
4. Dapat
dibandingkan
Laporan keuangan harus
dapat dibandingkan antarperiode serta dapat dibandingkan antarperusahaan
sejenis untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi
keuangn secara relatif.
C.
Jenis
Laporan Keuangan
1. Laporan
Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah laporan yang menggambarkan
keberhasilan atau kegagalan operasi perusahaan dalam upaya mencapai tujuannya.
Unsur-unsur laporan laba rugi adalah: pendapatan, beban, dan laba atau rugi. Bentuk Laporan Laba Rugi:
a. Bentuk single step, yaitu
semua pendapatan digabungkan menjadi satu kelompok dan semua beban digabungkan
menjadi satu kelompok, kemudian dua kelompok tersebut diselisihkan. Jika jumlah
pendapatan lebih besar dari jumlah beban, menghasilkan laba bersih. Dan jika
jumlah pendapatan lebih kecil dari jumlah beban, menghasilkan rugi bersih.
b. Bentuk multiple
step/bertahap, yaitu bentuk laporan laba rugi yang disusun dengan cara
memisahkan pendapatan maupun beban ke dalam kelompok operasional dan non
operasional. Dalam bentuk ini, penyajian bagian pertama adalah rincian
pendapatan operasional kemudian bagian kedua rincian beban operasional. Dengan
membandingkan dua bagian tersebut diperoleh laba/rugi operasional/usaha pokok.
Bagian ketiga adalah rincian pendapatan dan beban non operasional.
Contoh laporan laba rugi:
2. Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan perubahan modal adalah suatu laporan atau informasi
yang menggambarkan perubahan yang terjadi atas ekuitas pada suatu periode. Unsur-Unsur Laporan Perubahan Modal
a. Modal
awal, yaitu modal pada awal tahun.
b. Tambahan
investasi pemilik, yaitu setoran modal dari pemilik selama satu periode
akuntansi.
c. Perolehan
laba atau rugi, yaitu hasil bersih perusahaan selama satu periode akuntansi.
d. Prive
atau Pengambilan pribadi yaitu pengambilan uang untuk keperluan pribadi pemilik
perusahaan selama satu periode akuntansi.
Modal akhir, yaitu
modal yang terdapat pada akhir tahun.
Contoh laporan
perubahan ekuitas
3. Neraca
Laporan posisi keuangan atau biasa
disebut neraca adalah laporan yang menunjukkaan keadaan keuangan suatu unit
usaha pada tanggal tertentu. Unsur-unsur laporan posisi keuangan atau neraca
adalah aktiva, kewajiban, dan modal. Bentuk-bentuk laporan posisi keuangan atau
neraca:
a.
Bentuk rekening T adalah neraca yang disusun dengan dua sisi (sisi kiri dan
kanan). Dimana aktiva disusun dibagian kiri sedang pasiva disusun
dibagian kanan dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kewajiban dan modal.
Contoh bentuk rekening T:
b.
Bentuk laporan adalah neraca yang
disusun dengan urutan ke bawah (vertikal). Disebelah
atas dicantumkan total aktiva dan dibawahnya disajikan pos kewajiban dan pos
modal. Contohnya:
4. Laporan Arus Kas
Laporan arus kas menunjukkan sumber
dan penggunaan kas selama satu periode sehingga saldo kas nampak seperti di
neraca, laporan arus kas membutuhkan data/informasi dari neraca periode
sebelumnya dan periode yang bersangkutan dan laporan laba rugi pada periode
yang bersangkutan.
Contoh laporan arus kas:
5. Catatan Atas Laporan Keuangan
Adalah
catatan tambahan dan informasi yang ditambah ke akhir laporan keuangan yang
memberikan tambahan informasi kepada pembaca dengan informasi lebih lanjut.
SOAL
LATIHAN!!!!!
1. Jelaskan pengertian laporan
keuangan!
2. Uraikan karakteristik kualitatif
laporan keuangan!
3. Bandingkan jenis-jenis laporan
keuangan!
Sumber:
1.
Toto Sucipto,
dkk. 2005. Siklus Akuntansi. Jakarta:
Yudhistira.
2.
Umi Muawanah,
dkk. 2008. Konsep Dasar Akuntansi dan
Pelaporan Keuangan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah
Kejuruan, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008.
0 Komentar